Senin, 05 Mei 2014

Entalpi dan Perubahan Entalpi

Jika sebatang kayu dibakar, energy kimia yang dimiiki kayu akan diubah menjadi energy kalor. Berapakah jumlah energy kalor yang dihasilkan dari pembakaran kayu tersebut ?

Jumlah total energy kalor yang terkandung dalam suatu materi disebut entalpi dan diberi symbol H. istilah entalpi berasal dari bahasa Jerman, yang berarti kandungan. Adapun symbol H berasal dari kata heat content, yang didefinisikan sebagai kandungan kalor suatu zat. Entalpi suatu zat tidak berubah (tetap) selama tidak ada energy yang masuk atau keluar.

Entalpi suatu zat tidak dapat diukur, tetapi perubahan entalpinya dapat diukur, perubahan entalpi terjadi ketika suatu zat mengalami reaksi. Perubahan entalpi diberi notasi  ∆H, symbol berasal dari bahasa Yunani, delta yang berarti perubahan. Dalam reaksi kimia ∆H disebut juga entalpi reaksi. ∆H menyatakan kalor yang diterima atau dilepas oleh suatu reaksi. Dengan kata lain ∆H merupakan penambahan atau pengurangan energy suatu zat dalam suatu proses perubahan energy yang berlangsung pada tekanan tetap. Secara matematis, perubahan entalpi dapat dirumuskan sebagai berikut:
ΔH = ΔU + PΔV
di mana:
H = entalpi sistem (joule)
U = energi internal (joule)
P = tekanan dari sistem (Pa)
V = volume sistem (m3)

Pernahkan anda memperhatikan peristiwa  es mencair ? pada peristiwa ini terjadi perubahan wujud air dari padat (es) menjadi cair.
H2O(s)                                         H2O(l)                                         
pada proses ini anda tidak dapat mengukur entalpi H2O(s)  atau H2O(l), yang dapat ditentukan hanyalah perubahan entalpi atau entalpi reaksi
∆H  = H H2O(l) - H H2O(s)

∆H = Hhasil reaksi Hpereaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar